Tracer study

Salah satu cara untuk menggali informasi berkaitan dengan transisi dari kuliah ke pekerjaan adalah dengan melaksanakan suatu studi yang disebut sebagai tracer study. Tracer study adalah studi mengenai lulusan lembaga penyelenggara pendidikan tinggi (schomburg, 2003). Istilah lain yang juga sering digunakan adalah “graduate survey”,”alumni Researches”,dan “follow up study” Istilah-istilah tersebut merujuk pada pengertian yang hampir sama dengan istilah Tracer study.

Tracer study dapat menyediakan informasi untuk kepentingan evaluasi hasil pendidikan tinggi dan selanjutnya dapat digunakan untuk penyempurnaan dan penjaminan kualitas lembaga pendidikan tinggi bersangkutan. disamping itu tracer study juga menyediakan informasi berharga mengenai hubungan antara pendidikan tinggi dan dunia kerja profesional, menilai relevansi pendidikan tinggi, informasi bagi para pemangku kepentingan ( stakeholders),dan kelengkapan persyaran bagi akreditasi pendidikan tinggi.

Dunia Usaha dan Pemerintah menekankan pentingnya softskills bagi lulusan untuk terjun ke dalam dunia kerja. dalam tabloid kompas dibahas bahwa selain hardskills softskills amat penting kedudukannya dalam dunia kerja.seperti pengambilan keputusan .pemecahan masalah.komunikasi skill.dan lainnya.oleh dari itu UMT dalam hal ini ikut serta mengadakan program seperti itu melalui BAAK dan pelaksana adalah bagian alumni & tracerstudy. semoga kedepannya bagi mahasiswa dapat lebih banyak mengikutinya.

One comment on “Tracer study

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *